Kamis, 07 Oktober 2010

Asyik Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

Masih dalam rangka kenali dan kunjungi objek wisata di Pandeglang, kali ini saya akan mengulas sedikit tentang Taman Nasional Ujung Kulon. Teman-teman pasti sudah pernah mendengarnya kan? Siapa sih yang nggak tahu tempat yang terkenal dengan badak cula satunya itu?

Taman Nasional Ujung Kulon adalah salah satu objek wisata menarik di Pandeglang. Ga kalah asyiknya untuk dikunjungi lho bila dibandingkan dengan objek-objek wisata lainnya. Banyak kegiatan wisata unik yang bisa kita lakukan di sana, seperti snorkling, diving (menyelam), surfing (berselancar), hiking. Seru kan? J. Sayang deh kalau sampai dilewatkan.

Taman Nasional ini menjadi Taman Nasional pertama yang diresmikan di Indonesia, dan juga sudah diresmikan sebagai salah satu World Heritage (Warisan Dunia) yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1992, karena wilayahnya mencakupi hutan lindung yang sangat luas, sekitar 1,206 km² (1/3nya berupa laut), yang dimulai dari tanjung Ujung Kulon sampai dengan Samudera Hindia. Hebat bukan?

Potensi wisata di Taman Nasional Ujung Kulon sangat luar biasa. Apalagi kawasan tersebut merupakan cagar alam dan suaka margasatwa, kita bisa jalan-jalan sambil mengenali keanekaragaman flora dan fauna di sana, ada berbagai jenis biota laut, darat, dan satwa langka. Bahkan karena keanekaragamannya, taman ini menjadi salah satu daerah pariwisata yang paling diminati oleh para turis.

Salah satu satwa langka yang sangat dikenal adalah badak Jawa bercula satu (rhinoceros sondaicus) atau yang biasa disebut bacusa. Hewan langka ini merupakan salah satu ciri khas Taman Nasional Ujung Kulon dengan tingkat populasi sekitar 50-60 ekor. Saking khasnya, sampai-sampai badak bercula satu inipun menjadi icon tersendiri bagi Taman Nasional Ujung Kulon sampai sekarang.

Selain bacusa, keindahan terumbu karang di tempat ini juga menjadi salah satu favorit bagi para turis dan pengunjung. Para pengelola Taman Nasional pun juga menaruh perhatian besar terhadap konservasi terumbu karang karena fungsinya yang sangat penting, yaitu menjadi sumber makanan dan tempat berlangsungnya ribuan jenis ikan laut dan berpengaruh pada kelestarian ekosistem laut.

Kelestarian berbagai hewan dan tanaman yang ada di sana terus dijaga, seperti kehidupan hewan, kesuburan tanah, keasrian kawasan, dan bersihnya udara dari pengaruh polusi udara, karena semuanya itu akan mempengaruhi kelestarian alam secara keseluruhan. Sehingga turis atau pengunjung yang datang tak hanya akan menjelajahi dan menikmati kawasan dengan kekayaan alam dan keindahannya yang sangat mengesankan, melainkan juga dapat turut belajar bagaimana menghargai alam.

Nah, itulah keistimewaan Taman Nasional Ujung Kulon..Tertarik untuk ke sana? Sama J

.Ternyata asyik yah kenali dan kunjungi objek wisata di Pandeglang.. J

1 komentar: